Hari 3 Mengajar Di PAUD Assova

20141024_083512_HDR

Oleh : Nabilla Febryna Fitri / 1801404112
Kegiatan yang dilakukan : Menggambar dan Mewarnai
Nilai Pancasila yang diterapkan :
a.Ketuhanan Yang Maha Esa (dari berdoa dalam setiap akan atau telah selesai melakukan suatu kegiatan)
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab (dari cara mengajarkan siswa cara bersikap pada teman)
c. Pemahaman mengenai Indonesia

Jumat, 24 Oktober 2014

Ini merupakan hari ketiga saya dan teman teman mengajar di PAUD Assova. Pada kesempatan kali ini, saya mengajar sendiri dikarenakan patner saya (Muhammad Farras Anugerah) berhalangan hasir. Syukurlah, saya dibantu oleh Bu Maidah selaku wali kelas dari kelas yang saya pegang.

Pada kesempatan kali ini, saya telah menyiapkan dua materi, yaitu : Menggambar dan Perkenalan terhadap hewan hewan yang terdapat di Indonesia. Sayangnya, saya kekurangan waktu sehingga hanya dapat menyampaikan satu materi saja.

Seperti biasanya, sebelum pelajaran dimulai, siswa melakukan doa bersama di lapangan kecil yang dimiliki PAUD tersebut. Setelahnya, siswa diminta untuk masuk kedalam kelas dan memulai pelajaran. bu Maidah memiliki materi tersendiri dan meminta saya untuk membantunya dalam mengajarkan siswa mengenai menulis huruf hijaiyah. Saya dengan senang hati membantunya. Siswa mengerjakan tugas dengan senang dan tanpa beban. Siswa juga mampu mengerjakan tugasnya dengan baik dan cepat.

Setelahnya, saya meminta siswa untuk menggambar bebas dengan catatan : menggambar salah satu ciri khas Indonesia. Bisa berupa bendera, burung garuda, dan sebagainya. Siswa menuangkan ide ide kreatif mereka dan mulai menggambar serta mewarnai dengan baik.

Sebagian besar siswa menggambar pemandangan atau rumah dengan bendera merah putih. Ada pula yang menggambar jerapah dengan seorang pejuang yang menaikinya (siswa bercerita mengenai gambar yang ia kerjakan). Bahkan, ada seorang siswa yang menggambar robot dan dengan memegang sebuah burung garuda. Saya cukup terkejut dengan kreatifitas yang siswa miliki.

Setelah menggambar dan mewarnai, siswa mencuci tangan mereka, berdoa, dan mulai makan pagi. Salah seorang siswa tidak membawa makanannya dan seorang temannya membagi sepotong roti padanya. Saya rasa ini adalah suatu nilai kecil dari pancasila sila ke-3 dan sila ke-4. Bagaimana hal kecil ini bisa mempersatukan dua orang dan juga bagaimana kebijaksanaan bahkan telah dimiliki oleh rakyat kecil kita (siswa).

20141024_084014_HDR

Usai makan, siswa dipersilahkan untuk bermain di lapangan. Siswa sudah cukup dekat dengan kami sehingga mereka tak sungkan untuk mengajak kami bermain bersama mereka. Mereka juga tak sungkan untuk meminjam Monopod saya dan berfoto bersama.

 

Setelahnya, siswa dipersilahkan masuk kedalam kelas, berdoa, dan pulang ke rumahnya masing-masing,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s